SELURUH TANAH ULAYAT MARGA BOANGMANALU TETAP SATU KESATUAN
Salak, Pakpakonline.Tanah Ulayat Marga Boangmanalu yang berada di sebagian besar Pusat Kota Salak Kabupaten Pakpak Bharat adalah satu kesatuan yang utuh. Hal tersebut diungkapkan oleh Monar Boangmanalu (Kamis, 20/03/2008) Tokoh Masyarakat Marga Boangmanalu yang tertua saat ini.
Menurut Pak Boangmanalu yang tinggal di Pasar Salak itu adapun tanah Ulayat Marga Boangmanalu yang terletak dibagian Timur Kota Salak merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisah pisah. Adapun yang menjadi bagian-bagian yang selama ini dianggap milik kebun tertentu tidaklah memiliki dasar secara adat dan tradisi. ¨ Sepengetahuan saya selalu yang tertua saat ini setiap Marga Boangmanalu memiliki hal yang sama atas tanah ulayat marga Boangmanalu, yang menjadi milik maupun penguasaan atas Lebbuh adalah sebatas Lebbuh itu saja seperti misalnya Lebbuh Boangmanalu Kuta Payung berada disekitar Kuta Payung, atau Kuta Jojong misalnya berada di sekitar Hotel Lolona II Salak Saat Ini ¨ ungkapnya menjelaskan. Sehingga menurutnya tidak ada satu Lebbuh pun yang bisa mengatasnamakan Marga Boangmanalu baik atas Tanah Ulayat maupun Sulang Silima. Lebih lanjut lagi ia mengungkapkan bahwa sejak dahulu keseluruhan marga Boangmanalu yakni ada dua yaitu abang dan ade (istilah Pakpak PERMANGMANG & PERSINABUL) dimana kedua saudara itu adalah berladang dengan satu batas (istilah Pakpak Sada Mbaleng). Jadi menurutnya semenjak dahulu tidak ada kepemilikan tanah secara Lebbuh. Secara tradisi Tanah ulayat Marga Boangmanalu dimiliki secara bersama sama dan itulah yang harus dipegang sampai saat ini. Kecuali jikalau tanah dan ladang yang sudah dikelola adalah menjadi milik pribadi yang jika melakukan transaksi jual beli harus tetap diketahui secara kemargaan yang tentunya diketahui oleh pemerintah setempat . Hal yang lebih penting lagi adalah diharapkan kepada generasi harus membuat kesatuan Marga Boangmanalu dengan kokoh. (SBM)
41 komentar:
tanah milik tuhan, semua milik tuhan, yang mau menguasai tanah biarin aja, nanti juga orangnya dimakan tanah
Boangmanalu ada yang mengaku turunan Simamora ... ternyata ada yang ke Parna.. mana yg membedakan ?
Biar lah Semua itu jadi Cerita yg Menarik..
Ma'f sebelumnya,aku pernah ketemu dengan boru boang manalu,saya tegur dengan bahasa "horas ito" sampbil menyodorkan tangan, kebetulan dia security di suatu perusahaan, dia bertanya...marga apa ito...
aku jawab,marga manalu "RG"
kebetulan di papan namanya Wati B Manalu.dan aku pun ga perlu lagi tanya boru apa dia
singkat cerita..dia yg menyatakan bahwa boang manalu itu masuk ke marga tumanggor (parna) dgn rasa malu aku diam terpaku,
selang waktu beberapa tahun, ada marga boang manalu secara khusus dia menemuiku karna dia ada pesta perpisahan dia pindah tugas...dengan rasa kaget dia memanggil aku bp tua,
sesudah kenalan panjang lebar,dan akhirnya dia memanggilku abang...setelah pengakuannya bahwa boang manalu itu adalah dari ruma gorga...agak sungkan utk menanyakan kembali
tlg lean di hami kepastian sebenarna boang manalu didia do parhundulna .mm..msk parna atau manlu
didia do sebenarna parhundulni boangmanalu on....msk parnaatau manalu
didia do sebenarna parhundulni boangmanalu on....msk parnaatau manalu
Memang agak pelik untuk dibahas karena kita tidak memiliki literatur yang dapat dijadikan bahan acuan untuk menetapkan masuk rumpun apa Boang Manalu. Jadi sekarang ini kita hanya berpegang pada "katanya". Perkembangan yang ada sesuai artikel artikel di atas, ada marga Boang Manalu yang mengaku sebagai keturunan Raja Parna, dan ada pula yang mengaku sebagai keturunan Raja Simamora. Bagi saya, semuanya tergantung dari mereka sendiri. Bilamana mereka yakin sebagai keturunan Raja Parna, saya kira tidak masalah. Sebaliknya, kalau mereka yakin bahwa mereka adalah keturunan Marga Manalu, saya kira tidak masalah juga. Namun yang perlu dilakukan adalah berkomunikasi dengan Manalu, Manalu mana yang menjadi induknya.
Memang agak pelik untuk dibahas karena kita tidak memiliki literatur yang dapat dijadikan bahan acuan untuk menetapkan masuk rumpun apa Boang Manalu. Jadi sekarang ini kita hanya berpegang pada "katanya". Perkembangan yang ada sesuai artikel artikel di atas, ada marga Boang Manalu yang mengaku sebagai keturunan Raja Parna, dan ada pula yang mengaku sebagai keturunan Raja Simamora. Bagi saya, semuanya tergantung dari mereka sendiri. Bilamana mereka yakin sebagai keturunan Raja Parna, saya kira tidak masalah. Sebaliknya, kalau mereka yakin bahwa mereka adalah keturunan Marga Manalu, saya kira tidak masalah juga. Namun yang perlu dilakukan adalah berkomunikasi dengan Manalu, Manalu mana yang menjadi induknya.
sebenarnya Boang Manalu adalah aslinya anaknya opung DATU ETEK dari sapinur huta tinggi MANALU ruma gorga lari dari kejaran kelurganya dan sampai ketanah pak2 dan aceh boang kemudian berselingkuh dengan putri kerajaan rea(banurea) yaitu putri mpu bada permaysuari dan melahirkan anak opung NALU (kail penter ) artinya pancingan lurus
sedangkan putri permaysuari2X nikah dan suami ke2 raja nahkoda bapaknya bancin (parna) padan/perjanjian marga
tumangger ......dan seterusnya
Manalu ruma gorga do bapani Boangmanalu
sebenarnya Boang Manalu adalah aslinya anaknya opung DATU ETEK dari sapinur huta tinggi MANALU ruma gorga lari dari kejaran kelurganya dan sampai ketanah pak2 dan aceh boang kemudian berselingkuh dengan putri kerajaan rea(banurea) yaitu putri mpu bada permaysuari dan melahirkan anak opung NALU (kail penter ) artinya pancingan lurus
sedangkan putri permaysuari2X nikah dan suami ke2 raja nahkoda bapaknya bancin (parna) padan/perjanjian marga
tumangger ......dan seterusnya
Saya setuju dengan saudara mantak manalu mengenai buang manalu.kalau mereka mengatakan mereka keturunan manalu ia kita marga manalu harus menerima mereka sebagai marga manlu.kalau kata mereka masuk keparna kitapun tak bisa melarang.cuman kalau sudah masuk kepunguan manalu jangan buang manalu lagi.tetap jadi manlu rumah gorga.itu aja saran dari saya manalu rumah butar parumah no 16.asal dari huta julu
Saya setuju dengan saudara mantak manalu mengenai buang manalu.kalau mereka mengatakan mereka keturunan manalu ia kita marga manalu harus menerima mereka sebagai marga manlu.kalau kata mereka masuk keparna kitapun tak bisa melarang.cuman kalau sudah masuk kepunguan manalu jangan buang manalu lagi.tetap jadi manlu rumah gorga.itu aja saran dari saya manalu rumah butar parumah no 16.asal dari huta julu
Buat seluruh sahabatku,aku menceritakan sedikit pa yg aku tau,boangmanalu itu masuk parna,jika ada yg lain mengatakan boangmanalu itu masuk k Manalu itu jg tdk pa2 mungkin mrk belum tau kalo boangmanalu itu Parna,ini pelajaran buat kita yg msh muda agar kita jgn mengubah marga kita kemanapun kita pergi,jaman dulu ada bbrp marga boangmanalu merantau k parmonangan dan diparmonangan mrk g menemui satupun marga boangmanalu,malah Manalu yg byk diparmonangan,dan akhirnya boangmanalu yg merantau k parmonangan trsbt jd mengaku marga boangmanalu Manalu,itulah sebabnya ada boangmanalu yg msk k Manalu,to sbnrny mrk itu boangmanalu,kampung halaman boangmanalu hanya di salak atau wlyh Dairi,jd belum ada bukti kalo boangmanalu masuk k Manalu,terimakasih,menjual juah
Kalo memang boangmanalu masuk k marga Manalu,tolong ceritakan sedikit tentang terjadinya marga boangmanalu,buat kita yg muda jgn pernah menjual marga kita sendiri,mauliate,menjuah juah
Kita punya versi masing2,intinya bagi saya boangmanalu itu mandiri,
Ada sejarahnya, boang manalu /datu etek adalah anak kedua dari manalu rumagorga anak pertama Raja agenda,yg artinya boang manalu adeknya raja agenda? Itonya/adek perempuanya ada satu, jadi orang ini tiga bersaudara, dulu boang manalu/datu etek hari"nya pemalas dan menghalalkan segala cara, sedangkan raja agenda orangnya rajin keladang/balian dan jujur, suatu hari mencuri ikan maslah datu etek dari kolam/abbar,dibawanya kerumah lalu dimasak pada saat itu raja agenda sudah pergi ke ladang, sesudah masak ikan masnya di tawarkanlah ke adik perempuannya/itonya, itonya bertanya kedatu etek ini ikan dari mana kamu curi ya? Marahlah datu etek kalau gak mau gak usah banyak taya katanya ke itonya, datang itonya kukasi tau nanti sama ito raja agenda katanya, terjadilah pertengkaran, dibunuh datu eteklah itonya itu diseretlah mayatnya kehutan lalu larilah datu etek ke barus, jadi mayat itonya tadi yg tinggal di hutan, raja agenda pun capek mencari itonya dan adeknya,suatu hari pas dipagi hari sebelum raja agenda pergi keladang datanglah burung elang menghinggapi atap rumahnya dan ngoceh,beberapa hari setiap pagi tidak dihiraukan kedatangan burung elang ini, besoknya datang lagi burung elang ini Dengan ribut sekali di usir tidak mau,datang pemikiran raja agenda siapatau ini menunjukka sesuatu di ikutilah burung itu kehutan dibawa burung itulah raja agenda ke manyat itonya yg dihutan,singkat cerita dari kejadian itu dilaranglah marga manalu mematikan burung elang dan memakan dagingnya, singkat cerita mimpilah raja agenda bahwa adeknyalah/datu etek yg membunuh itonya,dicarilah datu etek ini ke arah pakkat dulunya masih dinamai barus hulu sebelum pemekaran, dapat kabar raja agenda bahwa datu etek berkediaman di barus sekalian berladang, jadi sejarah masih ada disitu sampe sekarang yg dinamai tarutung/durian manalu yg ditanam datu etek, dicari Raja agendalah kebarus ditanyatlah orang disana, sebelum raja agenda nyampe ke kediaman datu etek udah lebih dulu orang gasih tau sama datu etek bahwa ada mencarinya, larilah lagi datu etek ditinggallah daerah barus pergilah dia ke pakpak barat/huta salak, karna kekuatiran dia dicari abangnya/raja agenda digantilah namanya disana jadi boang manalu sekalian menghilangkan jejaknya dari raja agenda kebetulan tanah/kampung yg di singgahinya ini bernama binanga boang,jadi lama kelamaan ketahuan juga datanglah keturunan raja agenda ke pakpak barat disambut datu eteklah dengan baik bahkan dikasihlah sebidang tanah dan di ajaklah tinggal disana sampai sekarang ada di pakpak keturunan raja agenda di pakpak bertempat persis dipasar/pokkan,itulah sedikit bayaknya sejarah boang manalu yg tidak lain dari keturunan datu etek/dari sappinur parmonangan. Horas
Tambahan sedikit lagi tahun 92 pernahnya datang rombongan boang manalu ke hutatinggi mencari dongan tubunya.
MANALU ANAK NYA 2
1.MANGARA ROBEAN
2.MANGARA DOLOL
MANGARA ROBEAN ANAKNYA 5
1. SORIMONGGU
2. RUMAGORGA
3. SIGUKGUHI
4. RUMAIJUK
5. RUMAHOLE
Rumagorga anak 3
1.Opp bartong nabolon
2.Opp guru nabolon
3.Opp namoratinukkum
3.Opp namoratinukkum anak 3
1.Opp namorasinitta
2.Opp raja endah
3.Gr opp somalanggak
3.Opp somalanggak anak 2
1.Opp raja DiMana
2.Opp Datu etek-----merantau ke dairi dan menikahi putri dari Mpu bda(Parna lahir dari puak Munte tua--SIGALINGGING)
Permansuari dan melahirkan ANAKNALU..
SUKU BATAK MENGIKUTI GARIS KETURUNAN DARI BAPAK (MANALU) BUKAN DARI IBU PEMANSUARI YANG NOTA BENE
KETURUNAN DARI POMPARAN NAIAMBATON(PARNA).BANCIN SATU IBU BEDA BAPAK,TUMANGGER ADALAH PADAN DAN BUKAN
HUBUNGAN DARAH..
NB HAMI NUAENG TUBU DI HUTA BOANG ASA BOI MASUK MANGOLU DI LUAT I DITAMBAHI MA EMBEL EMBEL BOANG...... Inilah kudengar versi cerita dari bapakku
Ada 2 versi cerita tentang boang manalu..yang saya tau boang manalu itu dilahirkan boru banuarea. Tetapi klo di tarik garis keturunan, boang manalu anak dari manalu rumagorga. Kenapa ada versi mengatakan klo boang manalu masuk ke parna. Boang manalu melahirkan 2 orang anak. Dulunya 1 anak yang dilahirkan banuarea merantau ke daerah pak2 bersama ibu banuarea. Boang manalu berladang di daerah pak pak. Krn hanya dengan ibu, marga bapak lama kelamaan jadi hilang. Sehingga dibuatlah mereka di kampung itu menjadi marga banuarea.
anak yang tinggal dengan bapaknya tetap memakai marga bapaknya. Setelah besar anak yang ikut dengan ibunya bertemu dengan abg nya yg tinggal dengan bapaknya. Baru lah di ketahui klo anak yg tinggal dng ibu nya td marga boang manalu..
Kembali ke tempat masing2 tetap memakai boang manalu..tetapi boang manalu yg tetap tinggal dng ibunya td di panggil masyarakat boang manalu banuarea. Sehingga garis keturunan ini mengakui klo marga mereka masuk marga parna. Tks.
Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penjelasan.
Sampai saat ini tidak diketahui suami dari permecuari jangan asal mengaku yg mengaku siapkah anda kena hukuman adat dari kami
Kalau memang saudara benar " Keturunan raja parna
Tolong dijelaskan
Tarombo nya dengan jelas ketua
Siapa bilang boangmanalu masuk ke manalu..tolong dijelaskan sejarahnya boangmanalu masuk ke marga Manalu
Setau saya marga boangmanalu masuk parna....sekian dan terimakasih njuah njuah
Itu kan penjelasan bpk mu.
Jgn krn ada EMBEL² boang, kalian jdi kan marga boangmanalu itu msuk manalu.
Boangmanalu tdk keturunan simamora.
Unang asal i pandokoni ho bo
Dang bapa nami si ruma gorga.
Seharusnya para tetua tua sesepuh marga Boang Manalu..sdh bsa berkumpul menyelesaikan mslh ini..jd bom waktu ke depannya..hrs satu persepsi..kasihan generasi kedepan..klo ditanya silsilah..jgn sampai jeruk mkn jeruk..ini tugas berat bagi sesepuh dan kaum milenial Boang Manalu..biar lbh diberkati lg..boang Manalu msh redup..Krn silsilah leluhur dak jelas..trutama bagi kaum muda..lias ate
Baenon mu do attong keterangan na, ise do aslina boang manalu i?
🙏
Njuah Njuah banta karina.sblumny saya minta maaf,saya berasal dari boang(Aceh Singkil)Krn memang sy Blum layak ikut campur mslh ini,Krn umur sy masih umur jagung.tp sy sudah jmp SM situa tua Kuta,dari bbrap daerah,mnurut mrka boang mnalu brasal dr boang,lbbuh(asalny)ad di boang(Aceh Singkil)nama lbuhny/asalny penihsihn.ma²k boang mnalu stau sy bukan Bru Banurea.tp memang putriny MPU bada.maaf saya jlasin Sdikit,anak MPU bada ada 3 satu Bru.
1.Tndang,
2.Rea(Banurea)
3.Manik
4.Permansuari(ma2k dr boang mnalu N bancin)
Njuah² banta Karina🙏🙏🙏
MGM, Gambling & Gaming, Casinos & Gambling - DrmCD
This casino information is provided by the American 성남 출장안마 Gaming Association 영주 출장안마 (AGA) as a means 전라북도 출장마사지 of providing 안성 출장샵 information 포항 출장샵 about gambling activities and services
NJUAH NJUAH BANTA KARINA
Boangmanalu tidak masuk ke parna atau masuk manalu
Boangmanalu mandiri yaitu Boangmanalu kutapayung
Jadi stop membuat ocehan yang anda tidak tau pasti bagaimana boangmanalu
Jangan sesekali anda mengaitkan kesemuanya
Ada pun yang mengaku² Boangmanalu masuk parna dan manalu , mereka yang hanya mencari aman di perantauan
Bagi saya itu hal bodoh , karena dia takut dan malu tidak mengakui marganya SENDIRI (DALLLE)
DAN KALAU MEMANG BOANGMANALU MASUK PARNA
KENAPA ??
BOANGMANALU BISA MENIKAHI SITANGGANG
BOANGMANALU MENIKAHI MUNTHE
DAN YANG SAYA TAU SITANGGANG ITU PARNA , MUNTHE ITU PARNA
BANYAK JAMAN SEKARANG TIDAK TAU JATI DIRINYA , MENGAKU2 MASUK KE MARGA TOBA
SEKALI LAGI STOP MEMBUAT OCEHAN YANG TIDAK BERARTI
BOANGMANALU BAGI SAYA BUKAN PARNA
NJUAH NJUAH
Boang Manalu tidak masuk ke marga Tumanggor. Tumanggor itu salah satu marga dari Sionom Hudon yg isinya: 1. Tinambunan; 2. Tumanggor; 3. Maharaja; 4. Turutan; 5. Pinayungan; 6. Nahampun.
Berdasarkan sejarah yg Anda ceritakan, berarti Boang Manalu bukan masuk ke Parna.
Coba kamu jelaskan asal-usul dan silsilah Boang Manalu! Jangan asal komentar berkoar-koar layaknya tong kosong nyaring bunyi nya. Buktikan kalau memang Boang Manalu masuk Parna?!!
Dari mana letak sejarah nya Boangmanalu masuk Parna??? Bisa kamu buktikan Asal-usul dan Silsilah yg menyatakan Boangmanalu masuk Parna?? Dari yang saya temui, Boangmanalu justru malah ada yg menikah Sitanggang, Munthe, dan bahkan boru Simbolon. Buktikan kalau memang Boangmanalu masuk Parna?! Jangan asal komentar berkoar-koar layaknya Tong Kosong Nyaring Bunyinya!
Sampai saat ini juga tidak ada bukti dan kejelasan asal-usul serta silsilah yang menyatakan Boangmanalu itu masuk Parna. Jadi jangan asal mengaku, yg mengaku siapkah anda kena hukuman adat dari kami?!
Sampai saat ini tidak ada bukti dan kejelasan asal-usul serta silsilah yang menyatakan Boangmanalu masuk Parna. Kalau memang kamu katakan Boangmanalu masuk ke Parna, bisakah kamu buktikan dengan asal-usul dan silsilah Boangmanalu yang sebenarnya?!
Posting Komentar